Hal -Hal yang Harus di perhatikan dalam membeli Laptop atau Notebook





Teknologi modern menciptakan laptop untuk menjawab kebutuhan orang-orang yang kini hidup dalam tingkat aktivitas yang sangat tinggi. Saat ini kita bisa melihat orang membawa laptop hampir dimana-mana, entah itu di kantor, sekolah, cafe, taman, dan sebagainya. Tak bisa dipungkiri memang bahwa laptop menawarkan banyak kemudahan kepada kita saat ini.
Laptop bisa menjadi sahabat terbaik, bekerja layaknya pegawai, bahkan bisa menghibur spAcer. Seorang pengusaha bahkan saat ini cukup mencolokkan USB dan kemudian mentransfer file ke USB tersebut, lantas bisa melanjutkan pekerjaan di rumah dengan laptop. Komputer jinjing ini memang membuat hidup kita semakin mudah.
Tapi yang jadi soal saat ini adalah munculnya beragam laptop dengan desain dan spesifikasi yang menarik. Hal ini tak pelak seringkali bikin kita pusing untuk pilih laptop apa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Nah, untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika spAcer hendak membeli sebuah laptop/notebook.
  1. Prosesor. Prosesor adalah hal yang paling utama dari sebuah laptop. Layaknya otak pada manusia, prosesor biasanya menentukan kecepatan komputer spAcer. Untuk itu, spAcer perlu berhati-hati memilih prosesor ketika spAcer melihat sebuah spesifikasi laptop/notebook. Kinerja prosesor standar saat ini biasanya adalah Celeron atau Pentium. Tapi jika spAcer menggunakan laptop untuk kepentingan editing video/gambar, terlebih lagi gaming pilihlah prosesor yang lebih tinggi seperti Core i Series (i7, i5, dan i3). Oleh sebab itu, penting untuk memahami untuk tujuan apa spAcer membeli laptop, agar prosesor yang dipilih pun sesuai dengan kebutuhan spAcer.
  2. Memory. Tak kalah penting Memory/RAM juga menentukan kecepatan laptop spAcer. Sekali lagi, jika spAcer menggunakan laptop untuk kebutuhan khusus seperti editing video, gambar, games, dan sebagainya, ada baiknya memilih RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi misalnya 2Gb ke atas, misalnya seperti Acer Aspire 4752G yang memiliki maksimum memory hingga 8Gb.
  3. Battery. Nah, ini bisa jadi dikatakan kelebihan notebook yang tidak dimiliki oleh komputer PC yang ada di rumah spAcer. Pilihlah notebook/laptop yang punya kapasitas baterai yang tahan lama. Bahkan ada notebook seperti keluaran Acer, Aspire Timeline Series yang baterainya mampu tahan hingga 8 jam pemakaian. Notebook ini cocok untuk spAcer yang banyak bekerja di luar ruang, ataupun memerlukan dukungan baterai dengan stamina sehari penuh.
  4. Screen. Pada notebook biasanya ada dua jenis screen/layar yakni layar standar atau layar model wide screen (sudut lebar). Tapi spAcer akan selalu mendapatkan keuntungan jika menggunakan wide screen. Dengan layar sudut lebar, gambar pada notebook akan lebih jelas, warnanya lebih cerah, dan citranya pun lebih jernih. Layar pada laptop adalah salah satu faktor yang penting, apalagi jika spAcer menggunakan notebook untuk kebutuhan game, editing, dan sebagainya. Karena biasanya layar sudut lebar juga menyajikan definisi warna yang cukup tinggi. Seperti pada beberapa LCD notebook Acer yang sudah dilengkapi dengan CrystalBrite LED-backlit misalnya, dijamin kegiatan mengedit foto-foto hasil jepretan kamera semakin nyaman dan mengasyikkan. CrystalBrite LED-backlit adalah layar LCD yang menggunakan lapisan tambahan khusus yang memberikan efek crystal sehingga dapat menampilkan warna dan tekstur gambar yang jernih serta tajam. Dengan resolusi hingga 1024 x 600 piksel, layar LCD beberapa produk Acer seperti Acer Aspire One dijamin mampu memanjakan mata spAcer dengan gambar yang jernih.
  5. Hardisk. Hardisk adalah tempat dimana spAcer menyimpan segala data yang ada di dalam notebook. Semua pekerjaan spAcer, gambar, video, foto, dan file-file lainnya di simpan di dalam hardisk. Jika spAcer hobi mengkoleksi lagu, video, atau foto, ada baiknya spAcer pilih hardisk yang kapasitasnya besar, misalnya lebih dari 60-80Gb. Nah, misalnya seperti hardisk pada notebook Acer yang rata-rata kapasitas hardisknya sudah mencapai 320Gb.
  6. Optical Disk Drive (ODD). Piranti ini berfungsi sebagai media simpan alternatif. Tapi, semenjak kehadiran eksternal Hardisk dan flashdisk saat ini, membuatnya tidak lagi menjadi bagian yang dipertimbangkan ketika spAcer memilih laptop.
  7. Konektivitas. Ini juga bagian yang cukup penting dipertimbangkan ketika spAcer hendak membeli laptop. Perlu diingat, laptop pada masa kini juga digunakan untuk jaringan sosial dan surfing di internet. Oleh sebab itu, selalu cek apakah laptop yang hendak spAcer beli terdapat koneksi seperti port USB, Bluetooth, port LAN, multi-media card reader, dan WiFi. Tapi, klausul ini bukan harga mati spAcer, pasalnya saat ini tiap kategori laptop itu memiliki target dan fungsi yang berbeda-beda. Sekali lagi, keabsenan port LAN saat ini juga bukan lagi menjadi masalah besar ketika spAcer hendak membeli laptop, karena saat ini modem dongle dan WiFi sudah ada dimana-mana.
  8. Operating System. Upayakan untuk selalu memilih laptop dengan operating system (OS) yang paling aktual dan original sehingga fungsi notebookmu bisa optimal. Jika spAcer pengguna OS Windows, sangat disarankan untuk menggunakan versi terkini yakni OS Windows 7. Selain itu, jangan pernah merubah OS yang tertanam dalam notebook spAcer dengan OS versi sebelumnya, karena hal tersebut akan mengganggu keoptimalan notebook.

2 Response to "Hal -Hal yang Harus di perhatikan dalam membeli Laptop atau Notebook"

  1. sri murtini says:
    August 5, 2016 at 10:41 AM

    terimakasih atas infromasinya.. yang pasti menambah ilmu dan wawasan saya.. nice post

    st3telkom

  2. Dimas-it.Information Communication Technology and IT Computer Center says:
    August 24, 2018 at 2:42 PM

    ya, semoga bermanfaat, selamat berkunjung kembali diblog saya :)